Tagline SMK BISA, Benarkah Lulus Langsung Bisa Kerja? Ini Buktinya

Sekolah di SMK? Hmmm mungkin dulu sebagian besar masyarakat bakal mengernyitkan dahinya. Berbeda dengan hari ini, kini siswa SMK bisa dan banyak yang mampu melahirkan karya-karya kreatif dan inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat.

Oleh karenanya Kemendikbud pada tahun 2009 mengusung sebuah tagline “SMK Bisa !!!” sekali lagi “SMK Bisa!!!”. Bisa bekerja di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI).

Akan tetapi, retap harus ada syaratnya, bagi lulusan yang mempunyai bekal ilmu dan keterampilan yang cukup pasti bisa menjawab dengan yakin. Yakni bisa langsung kerja di DU/DI. Dan salah satu solusinya kamu bisa memilih bersekolah di SMK Mumbay. Karena telah terbukti banyak sekali lulusan dari sekolah ini yang mampu bekerja dan survive.

Sebagai informasi tambahan ada 4 hal yang bisa dilakukan bagi siswa-siswi yang sudah lulus dari SMK, yaitu:

1. Kerja di perusahaan Impian bagi lulusan SMK pasti dapat pekerjaan

Selama 3-4 tahun di sekolah sudah mendapatkan ilmu teori maupun berhadapan dengan alat-alat praktikum. Jadi, sekarang waktunya untuk mempraktikkan ilmu yang sudah kamu dapatkan. Jika ada lowongan kerja khusus SMK, maka segera daftar.

Mereka biasanya percaya bahwa semangat belajar lulusan SMK belum luntur alias masih menggebu-gebu. Terlebih dengan alat-alat baru yang di sekolah belum pernah dilihat secara langsung membuat lulusan SMK ingin segera praktik bekerja di perusahaan. Untuk mencari perusahaan yang tepat, kamu harus rajin berselancar di internet dan mulailah dengan memperbaiki portofoliomu.

Kumpulkan hasil tugas-tugas menjadi satu folder agar HRD di perusahaan tertarik merekrutmu. Selain itu, kamu juga bisa bertanya ke Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di sekolahmu karena biasanya setiap SMK bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan, termasuk rekrutmen lulusan.

2. Buka usaha/bisnis Jika kamu ternyata tidak diterima di suatu perusahaan, jangan khawatir

Masih banyak jalan untuk menuju kesuksesan. Tapi bagaimana caranya? Caranya ialah buka usaha atau bisnis. Lulusan SMK tentu sudah dilatih untuk berbisnis di masing-masing sekolah. Beraneka macam produk dari berbagai jurusan bisa dihasilkan oleh lulusan SMK. Jasa pun seringkali dipraktikan. Modal itulah yang bisa kamu gunakan untuk memulai berbisnis. Tapi, kamu tak perlu bermimpi memulai bisnis dari hal besar, mulailah dari hal kecil kemudian kumpulkan modal untuk membesarkan bisnismu.

3. Lanjut kuliah

Lulusan SMK juga bisa kuliah. Sebab, kuliah bisa menjadi alternatif bagi kamu yang masih haus akan ilmu. Ketertinggalan materi SMA yang menjadi bahan ujian masuk perguruan tinggi bukan penghalang anak jika kamu berusaha sekeras mungkin agar diterima di perguruan tinggi impian.

Kamu bisa kejar ketertinggalan ini dengan cara membaca rangkuman pelajaran dan giat berlatih dalam menjawab soal-soal. Jika perlu, kamu bisa ajak teman seperjuangan untuk berlatih bersama. Disamping itu, kamu juga harus bisa memilih jurusan yang sesuai dengan jurusanmu waktu di SMK. Tentu hal ini menjadi nilai lebih agar ilmumu bisa semakin matang.

4. Kembangkan skills bersama mentor

Jika 3 hal di atas belum juga sesuai dengan minatmu, masih ada pilihan bagi kamu yang ingin mengasah skills. Apa itu? Jawabannya ialah mencari mentor untuk mengembangkan kemampuanmu. Dengan semakin majunya teknologi, kamu bisa menghubungi mereka melalui sosial media, seperti linkedin, Instagram, twitter, dan platform media sosial lainnya.

Caranya ialah perkenalkan diri, maksud dan tujuanmu agar niatmu tercapai. Jika sulit, ikuti pelatihan yang narasumbernya adalah mentor idamanmu. Dari empat hal di atas tentu bisa kamu pilih salah satu atau sekaligus. Namun, kamu sebagai lulusan SMK sudah punya modal kedisiplinan, kepemimpinan, ketekunan, keberanian, tanggung jawab dan solidaritas selama di bangku SMK. Sungguh sangat beruntung kalian semua bisa sekolah di SMK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *